Buku Konsensus Nasional Tuberkulosis dan Diabetesmelitus

Diabetes melitus adalah salah satu penyakit tidak menular kronis dan menjadi masalah kesehatan di masyarakat. Penyandang DM memiliki sistem kekebalan tubuh yang melemah sehingga memiliki kemungkinan tiga kali lebih tinggi untuk mendapatkan TB aktif.

Konsensus Pengelolaan dan Pencegahan Diabetes melitus tipe 2 di Indonesia

Saat ini prevalensi penyakit tidak menular yang didalamnya termasuk Dibetes Mellitus (DM) semakin meningkat di indonesia. Berdasarkan studi epidemiologi terbaru, Indonesia telah memasuki epidemi DM tipe-2. Perubahan gaya hidup dan urbanisasi nampaknya merupakan penyebab penting timbulnya masalah ini, dan akan terus meningkat pada tahun-tahun mendatang.

Pengelolaan Dislipidemia di Indonesia 2019

Dislipidemia telah ditetapkan sebagai faktor risiko utama untuk terjadinya PJK dan strok disamping faktor risiko lainnya, baik faktor risiko tradisional (diabetes melitus, hipertensi, obesitas, inaktifitas fisik, merokok, jenis kelamin dan umur) maupun faktor risiko non-tradisional (inflamasi, stres oksidatif, gangguan koagulasi, hiperhomosistein)

Pedoman Pengelolaan Glukosa Darah Mandiri 2019

Untuk pencapaian kendali glukosa darah yang baik diperlukan penatalaksanaan holistik meliputi edukasi, terapi gizi medik, aktivitas fisik, pemberian obat-obatan, dan pemantauan glukosa darah.

Pedoman Terapi Insulin pada Pasien Diabetes Melitus 2019

Tujuan dari penulisan buku pedoman terapi insulin ini yaitu sebagai panduan bagi sejawat dokter yang mempunyai kewenangan dalam merawat pasien Diabetes Mellitus (DM) yang memerlukan terapi insulin. Pedoman ini merupakan penyempurnaan isi dari edisi 2015 dan telah disusun berdasarkan literatur terbaru serta pengalaman ahli.